Kamis, 05 Juni 2008

'Perjuangan’ Mengajarkan Kebaikan

Setelah hampir dua tahun mengurusi Ravi, aku masih saja kesulitan mengajari dia hal-hal kecil yang berhubungan dengan etika –ceilee…
Seperti misalnya, mengucapkan tolong ketika meminta bantuan orang lain. Sampai sekarang masih harus selalu diingatkan. Biasanya dia cuma bilang “Mbak aal, ambilin minum”; “Mbak aal, ambilin jajan”; “Mbak aal, bukain ini” dsb. Mengucapkan terima kasih juga mesti diingatkan dulu.
Ravi juga –hampir- selalu menggunakan tangan kirinya untuk memberikan atau menerima sesuatu. Makan juga lebih sering pake tangan kiri. Setiap hari entah berapa kali aku ngingetin dia soal itu.
Trus lagi, aku selalu ngingetin dia jangan ngelewati orang yang lagi sholat. Yang ini dia udah mulai terbiasa. Kalo aku lagi sholat,dia merepet-merepet lewat dibelakangku. Pernah dia kejepit karena lewat dibelakangku pas aku lagi rukuk. Hehehe….
Kalau disapa orang dia sekarang udah mau njawab “dalem..”. Dulu mah diam aja. Aku jelasin ke dia, kalau kamu disapa orang tapi kamu diam aja, orang yang nyapa kamu pasti sedih. Nggak mau kan bikin orang sedih? Alhamdulillah, sekarang udah nggak cuek lagi. Pas ngantar jemput Ravi, di jalan aku sering ber-say hello sama tetangga-tetangga, dia sering nanya kenapa sih orang itu senyum? Kenapa sih bilang “monggo” ? ya aku bilang, itu namanya ramah. Kalau kenal sama orang, jangan lupa nyapa.
Aku senang karena sekarang dia udah mulai nyapa teman-temannya duluan.
Aku juga nggak bosen-bosennya ngingetin dia, nggak boleh duduk diatas kalo ada orang tua dibawah.
Selain ngajari hal-hal yang ‘berbau’ etika, aku juga membiasakan dia untuk melakukan hal-hal seperti: membaca doa sebelum pergi, makan dan tidur; menutup pintu ketika masuk atau keluar kamar; memakai sesuatu- baju; sepatu, sandal- dimulai kanan dulu; menggunakan air seperlunya saja; memasukkan alat-alat tulisnya ke dalam tas setelah belajar; memasukkan baju kotornya ke dalam keranjang cucian; sikat gigi sebelum tidur; mematikan tv; mematikan kipas angin –yang ini udah otomatis banget kayaknya. Lha wong bangun tidur masih riyep-riyep, turun dari kasur langsung matiin kipas angin. Pernah dia pamit mau main, begitu aku ijinin,dia langsung melesat keluar kamar. Beberapa detik kemudian dia balik lagi ke kamar. Aku pikir dia nggak jadi main. “kok balik lagi mas?” tanyaku. “lupa, belum matiin kipas angin mbak!” jawabnya singkat sambil matiin kipas angin. Setelah itu lari keluar kamar lagi. hehehe…
Dalam hal sampah aku juga punya peraturan sendiri. Dikamarku ada satu tempat sampah. Tapi khusus untuk sampah-sampah kering. Bungkus makanan atau minuman nggak boleh dimasukkan ke tempat sampah kamar. Bungkus jajanan dibuang di tempat sampah yang ada diluar kamar. Dia ngerti kok. Tiap selesai makan jajan, bungkusnya langsung dibawa keluar. Sebenernya aku juga nggak ngijinin bawa makanan ke dalam kamar. Tapi kadang-kadang aku bolehin juga  karena kasihan :p. Itupun pake syarat, makannya nggak boleh diatas kasur dan nggak boleh jalan-jalan. Maksudku sih, kalo makanannya rontok, rontokkannya cuma disatu tempat. Jadi bersihinnya gampang. Ravi-nya sih bisa dikasih tau tapi ponakanku satunya, Samih, dia malah godain aku. Dia tau aku pasti cerewet kalo ada yang bawa makanan ke dalam kamarku. Tapi dia malah sengaja. Waktu aku bilang, “jangan ngerontokin makanan dikamarku lho ya…”. eh dia malah dengan santainya mritili jajannya trus dijatuhin dilantai. Abis itu ngiprit keluar sambil ngekek-ngekek.
Aaaarrgggghhhh!!!!
Soal baju, aku juga membiasakan Ravi untuk pake baju lengkap ketika keluar rumah. Setiap hari sepulang sekolah, Ravi cuma ganti celana pendek. Atasnya cuma pake singlet. Alasannya sih ngisis. Kalo masih di dalam rumah, aku bolehin dia cuma pake singlet tapi kalo mau keluar rumah mesti pake kaos. Selain saru kalo cuma singletan doang aku juga mencegah bau keringatnya lari kemana-mana. Hehehe…. Untuk yang satu ini, Ravi masih saja protes. Dia selalu nanya, kenapa sih kalo mau main keluar harus pake baju? Kenapa sih nggak boleh pake singlet? Mungkin di dalam hatinya dia mbatin “mbak aal, bawel banget sih!!! Hehehe  eh tapi aku juga pernah ‘kena batunya’ soal peraturan baju ini. Waktu itu jam menunjukkan hampir jam setengah delapan pagi. Daripada ganti bajuntar malah kelamaan, aku yang saat itu cuma pake daster langsung ngambil jilbab terus ngajak Ravi berangkat sekolah. Begitu melihat aku dengan pakaian ‘seadanya’, dia langsung nanya
“ udah?! Mbak aal gitu aja?!” tanyanya dengan ekspresi sedikit ‘menghina’. Hehehe. “emang kenapa kalo pake baju begini, Vi?”. “jangan mbak. Ganti aja. Bajunya jelek.”. aku masih mencoba merayunya tapi dia juga keukeuh nggak mau berangkat kalo aku nggak ganti baju dulu. Akhirnya dengan terpaksa aku ganti dasterku dengan baju yang menurut Ravi pantas untuk dipake mengantar ke sekolah.(padahal daster yang kupake saat itu bukan daster yang hewer-hewer lho).
Pas aku keluar lagi, Ravi dengan senyum mengembang berkomentar; “Naaah… gitu dong mbak!!”. Aku cuma bisa tersenyum kecut. Dikerjain nih !!!! Pfuiihh!!! Gara-gara ganti baju segala, jadi telat deh ke sekolahnya. Ravi… Ravi…
Kedengarannya mungkin agak kejam. Anak kecil kok dikasih ‘peraturan’ macam-macam. Tapi ini kan demi kebaikan. Kalo nggak dibiasain dari kecil, trus kapan lagi?? Lagipula nggak ada hukuman kalo Ravi melanggar ‘peraturan’. Paling-paling aku omelin aja. Hehehe….

4 komentar:

  1. wah, oke juga, latihan jadi ibu nih. hampir semua peraturan yg smpyn sebut aku terapkan juga pada naji. soal baju misalnya, naji jg nggak mau pake baju sepulang sekolah, lebih parah dari ravi malah, cuma pake daleman aja! tapi kalau ada saudaranya manggil2 ngajak main, dia langsung minta dipakein baju lengkap.kalau nggak pengin main keluar ya sampai mandi sore tetap mblojet gitu!

    BalasHapus
  2. aduh, aku jadi gemes pengen nubit Samih))

    BalasHapus
  3. wah udah siap lahir batin jadi ibu neh.... trainingnya udah lulus magna cumlaude hehhehe

    BalasHapus