Sabtu, 07 Juni 2008

Mitos

Semalam –untuk kedua kalinya- gigi Ravi copot. Kalo yang pertama dulu pake acara nangis segala, yang kedua ini dia santai2 aja. Aku malah nggak tau proses copotnya. Tau-tau dia udah nunjukin lubang bekas gigi yang copot. “lho?? Kok udah copot? Lha gigi yang copot mana?” tanyaku. “Tauk deh!!” jawabnya cuek. Pas tak cari-cari ternyata diduduki ama dia. Ngomong-ngomong soal gigi copot, aku jadi ingat jaman kecil dulu. Dulu tiap kali gigi copot, ada ‘ritual’ khusus yang aku lakukan. Kalo yang copot gigi atas, giginya dilempar ke tanah. Kalo yang copot gigi bawah, dilempar ke atas genteng rumah. Aku nggak tau maksudnya apa. Asal ngikut aja. Hehehe… Dipikir-pikir, masih banyak mitos lainnya yang cukup aneh dan nggak masuk akal. Hehehe namanya juga mitos.. nih contoh-contohnya…

 •Kata orang jaman dulu kalo perawan duduk di depan pintu, jodohnya bakalan lama. apa hubungannya ya? ow.. mungkin maksudnya kalo duduk didepan pintu terus ada tamu datang, tamunya kan nggak bisa masuk. Jadinya trus pulang lagi. Itu kali maksudnya. Hihihi… *maksa banget*

•Nggak boleh pake payung didalam rumah karena bisa didatengi orang gila. Agak aneh ya? tapi pas masih kecil dulu aku pernah iseng pake payung didalam rumah. Nggak berapa lama, lewatlah orgil di depan rumah. Kok bisa pas?

 •Urusan dapur juga ada mitosnya lho. Kata orang-orang, kalo masakannya keasinan berarti orang yang masak tuh pengen kawin. Terus kalo ngulek sambel, jari telunjuknya dalam posisi nunjuk, sambelnya jadi nggak sedep. Jadi kalo ngulek sambel, jarinya mesti mingkup semua. •Masalah ‘kewanitaan’ juga ada. Kalo ada orang yang lagi ‘dapet’ terus dia nginjek jempol kakinya orang yang nggak ‘dapet’, orang yang jempol kakinya diinjek bisa ikut2an ‘dapet’. Hehehe… aneh-aneh aja ya?

•Untuk yang takut anjing, ada aturannya juga. kalo pas lagi dijalan ketemu si doggy, jari manisnya diumpetin aja. Ntar nggak bakalan dikejar. Waktu kecil sih aku percaya. Jadi tiap ketemu binatang yang satu itu, aku spontan ngumpetin jentik. Hehe.. kalo sekarang nggak begitu lagi, tapi tak bacain Shummum bukmun…:p

Eh iya, pas aku SD ada juga ‘mitos’ yang unik. Jadi dulu di Rembang ada orgil yang cukup terkenal. Dia sering lewat didepan sekolahku. Tapi dia itu orgil yang rapi. Jadi bukan orgil yang bajunya super kummel, rambut awut2an, bawa gembolan macam-macam. Bukan yang seperti itu. Seingatku dia itu rambutnya tertata rapi dan bawa tas segala. Udah gitu jalannya tegak banget. Nah, gossip yang santer waktu itu,dia bakalan marah berat kalo liat orang yang pake kerudung. Katanya pernah ngejar ibu-ibu yang pake kerudung. Aku kemakan banget sama gossip itu. Sampe suatu ketika, pas pulang madrasah sore-sore, dijalan aku ketemu dia. Secepat kilat aku lorotin kerudungku –waktu itu belum pake jilbab, masih pake kerudung biasa- sambil kukayuh sepedaku cepat-cepat. Untung cuma dilirik aja, nggak sampe dikejar. Tapi lirikannya booooo, sadis bener!! Ada yang punya cerita tentang mitos yang unik2?? Ayo dibagi-bagi, Lumayanlah buat lucu-lucuan. Hehehe….

1 komentar:

  1. aku ada nih.. kalau malam gak boleh melakukan: nyapu, jahit menjahit (mungkin kecuali penjahit yang dikejar deadline!hehe), potong kuku. trs kalau seorang gadis nyapu lantai gak bersih, entar bakal dapat suami yang brewokan! haha. suamiku berkumis dan berjenggot,tapi perasaan pas gadis dulu aku selalu bersih kalau nyapu..trs kalau mau betulin jahitan di baju yang dipake tuh baju harus dicopot dulu. eh, kalau ada larangan anak kecil keluar pas magrib, katanya itu karena banyak jin berkeliaran pas jam itu, takutnya nanti si anak jadi kenapa2.hii. ada lagi,calon manten pas mendekati hari h apalagi pas hari h nya gak boleh sama sekali nginjak dapur. mungkin biar gak bau asap!

    BalasHapus