Jumat, 22 Maret 2013

BOLU KEJU KUKUS


Nama resep sebenernya yang aku dapat dari internet adalah: Brownies Kukus Radin Cake. Tapi karena warnanya tidak brown, maka aku namai sendiri jadi Bolu Keju Kukus. hehehe...
Resepnya aslinya sbb: 

Bahan A
• 2 butir kuning telur 
• 2 butir telur utuh 
• 100 gram gula pasir 
• 1/2 sdt vanilla extract 
• 1/2 sdm emulsifier 
• 1/2 sdt garam 


Bahan B - aduk rata

• 75 gram tepung terigu protein sedang 
• 25 gram susu bubuk 
• 20 gram maizena 
• 1/2 sdt baking powder 


Bahan C - lelehkan
• 25 gram butter ---> aku pake blueband
• 85 mL minyak sayur ---> aku pake minyak goreng biasa :)


Bahan D
• 50 gram keju, potong dadu 


Loyang: ukuran 30 x 10 x 4 cm - oles minyak atau carlo, alasi dengan kertas roti


Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan. 
2. Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar. 
3. Ayakkan Bahan B ke Bahan A. 
4. Taburkan Bahan D, lalu aduk rata. 
5. Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata. 
6. Tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yang telah berasap. 
7. Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama kurang lebih 40-45 menit. 
8. Setelah matang, oles dengan mentega kocok (aku pake butter cream), parutkan keju di atasnya.


Selamat Mencoba..


P.S: aku sudah dua kali mencoba resep ini dan Alhamdulillah berhasil. Ponakans pun sukaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar