Jumat, 12 Desember 2008

Dari OPRAH

Pagi tadi aku terharu banget pas nonton Oprah yang ditayangkan Metro TV. Tema hari ini tentang "Ethical Experiments". Jadi semacam 'tes' yang dilakukan oleh TV ABC untuk mengetahui sejauh mana kepedulian warga Amerika kepada sesama.
Ada banyak skenario untuk 'tes' tersebut. Setiap skenario dimainkan oleh aktor dan aktris dari TV ABC -atau ABC TV ya?.
Bagian yang membuatku terharu yaitu, ketika ada seorang wanita muslim berjilbab -diperankan oleh aktris- masuk ke sebuah toko roti di Texas. Begitu masuk dia langsung ditolak oleh pelayan toko tersebut. Pelayan toko itu seorang aktor juga. Dia bilang: "Kami tidak melayani muslim. Pergi saja ke tempat lain! Kau seorang teroris. Naik ke atas ontamu dan kembalilah ke tempat asalmu!".
Wanita muslim itu bilang kalo dia lahir dan besar di Amerika. Si pelayan membalas dengan ketus "Orang Amerika tidak memakai handuk dikepalanya". Dan dia terus menyudutkan wanita itu dengan kata-kata pedasnya.Si wanita akhirnya meminta tolong pada seorang pembeli pria untuk memesankan roti. Tapi pria tersebut tidak menggubrisnya. Dan lalu pergi meninggalkan wanita tersebut.
Yang bikin sedih, ternyata banyak pembeli yang setuju dengan omongan si pelayan toko. Kenapa ya banyak yang benci sama orang Islam?
Tapi aku juga seneng karena ada juga yang membantu wanita muslim tersebut. Orang-orang yang membela itu mengecam tindakan si pelayan dan banyak juga yang bersumpah tidak akan datang lagi ke tokonya jika dia masih saja mendiskriminasi orang Islam.
Melihat pembelaan orang-orang tersebut aku benar-benar terharu dan langsung pengen nangis. Bukan lebay ya.. Tapi memang benar-benar terharu.
aku jadi  teringat Mbak Ienas. Mudah-mudahan mbak Ienas nggak mendapat perlakuan buruk dari orang Amerika yang sempit pikirannya.
Lebih lengkap tentang episode "Ethical Experiments" klik aja di sini

5 komentar:

  1. di bagian lain AS, memang masih ada perlakuan seperti itu, Al...tapi kalau orang2 di utara, utamanya di East Coast, relatif lebih terbuka dan toleran tehadap agama (or etnis lain)...

    Jadi jangan khawatir...aku baik2 sajaa...hehhe

    BalasHapus
  2. waduh sayang udah hampir sebulan ini metro tv hilang di Malang, tak kira cuma di rumah karena antena, ternyata yang lain juga "kehilangan" metro tv. padahal ada beberapa acaranya yang kusuka, kayak nanny 911 dan Oprah.
    aku udah ngeklik ke link yang dimaksud, tapi gak paham. (yah, namanya juga orang jawa, kagak tahu bahasa orang inggris!) hehehe...

    BalasHapus
  3. dengan doa banyak orang yang sayang sama mbak ya....

    BalasHapus
  4. pas closing Oprah bilang kurang lebih begini: "kalo ada orang yang datang ke toko kita siapapun mereka, mereka tetap berhak diperlakukan sebagai manusia". ah... setuju banget Oprah...

    BalasHapus