Jumat, 15 Februari 2008

ALMAS, INTAN, DIAMOND, SOULS

Dalam bahasa Arab, ALMAS artinya Intan. Jujur saja, dulu aku sebel dengan namaku yang super pendek ini. Sebelnya lagi, banyak yang manggil aku “Mas”. Orang Indonesia seringnya kan manggil orang dari suku kata yang terakhir. Karena namaku Almas, jadinya lebih sering dipanggil “Mas” daripada “Al”.
Namaku juga sering dikira nama cowok. Pernah waktu lagi ngantri periks dokter, pas tiba giliranku, perawatnya manggil “Bapak Almas”. Dia kaget begitu tau kalo Almas itu cewek dan cantik lagi! Huehehe…*PD!*
Terus, aku pernah beberapa kali kirim email ke penerbit-penerbit buku. Ya yang komplain lah, yang ngritik lah dll. Emailku selalu dibales, tapi awalnya begini; “Pak Almas yang baik” atau kalo enggak “yang terhormat Bapak Almas”. Aduuuhhh….
Orang-orang juga nggak percaya kalo namaku cuma ALMAS. Akhirnya aku akal-akali sendiri, aku tambahi “MUSTOFA”. Jadi kalo ada yang nanya “nama lengkapnya siapa?”. Dan bila aku jawab “Almas”, orang itu masih juga nanya “lengkapnya?”, aku jawab aja “Almas Mustofa”. Nama tambahan itu sampai sekarang aku resmikan jadi nama lengkapku. Hehehe…
Anehnya, banyak yang susah menyebut “Almas”. aku seriiiiiiiiiiiiiing banget mengulang nyebutin namaku kalo pas nerima telpon dan si penelepon nanya namaku. Contohnya nih:
Penelepon (P) :“Maaf, mbak namanya siapa”?.
Aku (A) : “ Almas
P : “ Maaf?”
A : “ ALMAS
P : “ Asmah?”
A : “ ALMAS!!” *udah mulai jengkel*
P : “ Oh.. Alma?”
A : “iya.. Alma

Kejadian seperti itu nggak cuma sekali dua kali tapi berkali-kali! Anehnya lagi, misalnya aku bilang “Almas” trus orang yang nelpon nanya lagi “Maaf? Siapa mbak?”. Begitu aku nyebut “Alma”, mereka langsung bisa. “ Oh ya, begini mbak Alma..”. aku jadi heran. Kenapa kalo aku bilang “Alma”, orang-orang langsung bisa ‘nangkap’. Kalo “Almas”, sering aku mengulang sampai tiga kali bahkan lebih!! Pfuuiihhh!!! Kenapa ya? Padahal cuma lima huruf lho! Dan cuma dua suku kata! Aneh..
Sekarang, daripada aku jengkel sendiri, aku memutuskan menggunakan nama “Alma” jika menerima telpon dari orang-orang tak dikenal. ^.^

Dalam bahasa Inggris, Almas berarti Diamond. Waktu aku di Mekah, pernah ditanya orang sana “Namamu siapa?”. Begitu aku jawab “Almas”, dia langsung bilang “Diamond.. Diamond..”. aku jawab aja “Aiwa.. aiwa…”. Hehehe…

Dalam Bahasa Spanyol artinya Souls. Aku nggak ngarang lho! Aku udah nanya sama sepupuku yang fasih bahasa Spanyol –Thanx Mbak Selly!!.
Aku tau kalo dalam bahasa Spanyol juga ada “Almas”, itu waktu beberapa tahun yang lalu Ricky Martin ngerilis albumnya yang berjudul “ALMAS DEL SILENCIO”.
Aku bangganya minta ampun karena namaku dijadiin judul album. Aku langsung beli kasetnya dan aku pamerin ke sodara-sodaraku juga teman-temanku. tapi aku cuma sekali dengerin kasetnya. Lha semua lagunya pake bahasa latin je. Aku mana ngerti… ^.^
- eh btw, Latin ama Spanyol sama nggak sih?? -
Jadi memang aku beli kaset itu hanya untuk ‘bangga-banggaan’. Bukan untuk aku dengarkan. Hehehe….

Kalo ARUMASU itu nama ALMAS dijepangkan. Kata Sensei-ku, orang Jepang kesulitan melafalkan huruf “L”. Makanya nama-nama yang mengandung “L” sering diganti dengan “R”. Karena ALMAS itu nama asing, maka ditulis pake huruf Katakana. Jadilah ARUMASU. Lucu ya? ^.^

Kalo dulu aku sempat sebel dengan namaku yang pendek banget dan kayak nama cowok, sekarang aku justru bangga betul dengan namaku yang nggak biasa dan nggak pasaran ini.
Justru dengan nama yang pendek, aku jadi gampang diinget tapi nggak gampang dilupakan. Waaa… GR nya diriku. Hihihi…
Oia, aku juga agak-agak nggak terima kalo ada yang ngembari namaku. Pasti aku protes ke orang yang pake namaku –kalo aku kenal orangnya sih..- Sok-sokan banget ya aku?? J
Last but not least, Terima kasih kepada Abah yang telah memberikan nama indah untukku.

foto diambil dari amazon.com

4 komentar:

  1. Buatku nama mbak cantik dan unik loh, Almas...yang berjiwa indah dan berkilau, as precious as diamond:)

    Kayaknya Latin nggak sama dengan Spanish mbak....

    BalasHapus
  2. Makasih ya mbak.. Mbak baik deh!! hehehe...
    iya , kayaknya betul mbak deh. spanyol nggak sama dg latin. trus lagu2nya Ricky tu spanyol ato latin ya? auk ah!!! yang jelas bukan bahasa inggris. hehehe...

    BalasHapus
  3. hihi kayaknya spanyol tuh mbak...latin hanya dipake untuk ilmu kedokteran kalo nggak salah:)..
    Ini nih detailnya modern use of latin :

    * Today, Latin terminology is widely used, inter alia, in philosophy, medicine, biology, and law, in terms and abbreviations such as subpoena duces tecum and q.i.d. (quater in die: "four times a day"). The Latin terms are used in isolation, as technical terms.

    * Films such as Sebastiane and The Passion of the Christ have been made with dialogue in Latin.

    * The Pope delivers his written messages in Latin.

    * Many organizations today also have Latin mottos, such as "Semper fidelis" (always faithful), the motto of The United States Marine Corps.

    * Some universities still hold graduation ceremonies in Latin.

    * Contemporary musical compositions may integrate a chorus which sings in Latin for an aesthetic effect.

    * Spells in the Harry Potter series are sometimes made from Latin words. For example, accio, the Summoning Charm, is Latin for "I summon".

    BalasHapus
  4. Wuih lengkap banget! asyik.. asyik... Gracias Mbak! :)

    BalasHapus