Senin, 07 Juli 2008

NO SMOKING!!!!

Hari Sabtu kemarin aku pergi ke Semarang. Bis yang kunaiki penuh banget, tapi Alhamdulillah aku masih kebagian kursi. Aku duduk di kursi yang untuk 3 penumpang. Sebelahku 2 bapak-bapak yang sepertinya bersahabat.
Aku berusaha menyaman-nyamankan diriku didalam bis yang sama sekali nggak nyaman karena saking penuhnya penumpang.
Penuh-sesaknya bis plus bau penumpang-penumpangnya, tak ku hiraukan. Aku mencoba menciptakan ‘duniaku’ sendiri. Halaahh!!!
Tapi…. Baru beberapa menit bis berjalan dari terminal Rembang, bapak-bapak yang duduk tepat disebelah kiriku mengeluarkan sesuatu berwarna putih dari saku T-Shirtnya. ROKOK!!!! OWW S**T!!!
Sebelnya, bapak-bapak yang satunya lagi malah menyemangati temannya untuk merokok. “yo rokoki ben ra ngantuk!” katanya.
Begitu dia mulai menyalakan rokoknya, aku langsung mengambil tissue dan langsung menutup hidung dan mulutku sambil memalingkan mukaku. Sengaja aku ‘over acting’, biar dia kerasa. HUHHHHH!!!!!
Melihat reaksiku yang ‘over’, penumpang sebelahku itu langsung menyampaikan permohonan maafnya; “wah.. mbake kenek beluke. Ngapuntene nggih mbak…” . ku lirik saja dia tanpa menanggapi permintaan maafnya.
Ternyata penumpang sebelahku sama sekali nggak berperasaan. Memasuki kota demak, dia mengeluarkan lagi rokoknya. OH MY…. Tega sekali orang ini. Kalo saat itu bisnya nggak penuh, aku bisa saja langsung pindah tempat duduk. Jangankan pindah kursi, mau berdiri aja susah. Yah… nasibku hari itu memang agak sial.
Tapi Tuhan Maha Baik, baru beberapa isapan -oya, sebelum mulai ngerokok, dia minta maaf lagi sama aku. Dan tetap aku cuekin. HUHHH!!!-, penumpang didepanku -ibu-ibu yang lagi repot dengan anaknya yang hoak-hoek terus- menegurnya. Sepertinya ibu itu bukan orang Jawa. Logatnya seperti orang Batak gitu. “PAK!!! DI DALAM BIS JANGAN MEROKOK PAK!! PUSING INI KEPALA!! MATIKAN PAK ROKOKNYA!!!” semprot ibu ‘Batak’ itu dengan suara kenceng. Dalam hati aku teriak senang “ YESS!!!! YESS!!! Rasain luuu…!!!”.
Udah disemprot kayak gitu, nggak cepet-cepet dimatikan juga rokoknya. Malah penumpang satunya, yang aku tebak sahabat penumpang yang merokok itu, mbelain sahabatnya. “kalo nggak negrokok, ngantuk Bu..” belanya nggak penting. Batinku, “bukan yang nyopir aja kok! Ngantuk lak wis noo..”.
“TAPI INI DI BIS PAK!! JANGAN MEROKOK DI DALAM BIS PAK!! PUSING PAK!!!” bentak ibu ‘Batak’ dengan suara yang masih saja kenceng.
Sekali lagi, aku menjerit senang dalam hati; “OW YESSS!!!! Rasain… rasain…!!!”. Dibalik tissue yang menutup mulutku, aku tersenyum senang -dan menang! Hehehe….
Akhirnya, mungkin karena malu, penumpang sebelahku mematikan rokoknya. Cihuyyy!!! Bebas euuuyyyy!! “Terimakasih ibu ‘Batak’. Kau dewi penolongku..”.
Sebenarnya, aku nggak sebel-sebel amat sama perokok. Orang mau ngerokok atau nggak, itu hak masing-masing orang. Tapi tau diri dan tau tempat juga dong. Kita nggak bisa mementingkan hak kita terus kan??
Kalo pake mobil sendiri, terserah deh! Mau ngerokok sampe gondrong juga bisa-bisa aja. Tapi kalo di bis?? Punya perasaan dikit lah….
Ngomong-ngomong soal rokok, pagi-pagi sebelum berangkat ke Semarang, aku sempat nonton infotainment dulu. Salah satu beritanya, si Zaskia Adya Mecca yang sekarang lagi rame dibicarakan karena beberapa kali tertangkap kamera sedang merokok. Upss!!! “OW.. OW.. Kamu ketahuaaann…..”
Foto-foto saat dia asyik ngerokok beredar di internet. Sejak itu pula, dia jadi susah dikejar. Ditunggu-tunggu wartawan, nggak keluar-keluar juga statementnya., Malah Zaskia dinilai bersikap terlalu berlebihan karena membawa bodyguard ke lokasi syuting. Wahhh… Mariah Carey kallleeee…..
Kalo dia ngga pake jilbab, pasti nggak akan heboh tuh wartawan-wartawan. Artis kan banyak juga yang ngerokok tapi nggak diutak-atik sama mereka.
Berhubung Zaskia dikenal sebagai artis yang religius, yang nggak pernah mau ngelepasin jilbabnya, yang selalu bersikap manis, ketika kemudian kepergok melakukan sesuatu hil yang mustahal –Hallaahh!!- (baca:merokok), akhirnya ya jadi rame deh!! Jangankan perempuan berjilbab, perempuan nggak berjilbab pun kalo ngerokok juga masih sering dapat cap negative dari masyarakat.
Kalo Zaskia sekarang ini nggak ngomong-ngomong juga, mungkin dia lagi bingung. “Enaknya pake alasan apa ya?”. Gitu kali yang dipikirin dia. Hihihi….
Aku juga jadi penasaran dan menunggu-nunggu statementnya Zaskia. Pengen tau dia bakal ngomong apa. Mau nggak ngaku juga kayaknya susah. Lha buktinya autentik banget je!! Kalo nggak ngaku malah ntar semakin buruk citranya. Ya nggak seehhh saudara-saudara??!!!
Dari cerita di dalam bis dan juga Zaskia, sudah terbukti kalo rokok tidak hanya menyenangkan pengisapnya tapi rokok juga bisa merepotkan pengisapnya. Nahhh…, daripada dibikin repot sama rokok, kenapa nggak mencoba berhenti saja? Dijamin, pasti lebih sehat!! Hehehehe…..


10 komentar:

  1. Eh, btw ada seseorang yang bentar lagi bakal jadi pendamping si cantik, masih merokok lhooo, ada tugas baru nih! ehm....ehm...

    BalasHapus
  2. udah tak omelin terus mbak.. belum bisa berhenti tapi paling nggak, sekarang udah nggak pernah ngerokok kalo ada aku. hehehehe....

    BalasHapus
  3. Hehe .. tapi neng almas ga pernah protes sama abah gus mus yang sedang ngerokok ya .. ? mungkin neng tau diri ya ... menyingkir/menjauh sendiri .. hehe2

    BalasHapus
  4. di bisnya nggak ada tulisan no smokingnya toh...

    BalasHapus
  5. sekarang kan udah nggak ngerokok mas. dulu waktu masih ngerokok, paling aku ngomel2 sendiri. hehehe...

    BalasHapus
  6. aduh mbak... bis di Indonesia mana ada sih yang ada tulisannya 'NO Smoking' ???

    BalasHapus
  7. lho, kan biasanya ada tulisan "FULL AC" mustinya kalo orangnya ngeh kan itu juga berarti "NO SMOKING" bukan? *nggawe aturan dhewe*

    BalasHapus
  8. ak jg sebel banget mb kl ada yg ngerokok. biasanya kl d bis ak duduk/bediri deket orang ngerokok, ak bakal lgsg acting batuk" hiperbol sambil pura" epilepsi gtu. pasti lgsg dmatiin rokoknya! haha. kl ga, misalnya ak ama tmenku, ak bakal ngmg keras bgd "duuh, ini yg ngerokok siapa sihh? ak kan alergi asep.. UHUK UHUK. ngeganggu banget deh ngerokok d tempat umum...". and aBRAkadaBRA. mati dah tu rokok. muahahahaha xDD

    BalasHapus
  9. tulisan FULL AC juga udah jarang ada sekarang. kecuali yang benar2 PATAS. hehehe....

    BalasHapus