Senin, 21 Juli 2008

Komputer Bikin Mati Rasa

Kemarin aku baca tips ini di sebuah taloid. kayaknya informasi ini bagus untuk dibagi-bagi. Jadi untuk Anda semua, khususnya yang setiap harinya berkutat dengan komputer, saya copykan tipsnya. semoga bermanfaat.

"Kebiasaan menekan tuts dan mouse komputer ternyata beresiko berat pada seseorang mengalami Repetitive Strain Injury (RSI). Sebab, saat menekan tuts dan mouse, bahu dan lengan bagian atas cenderung tertahan. Keadaan seperti itu dapat menghambat sirkulasi darah ke lengan bagian bawah.
Ditambah lagi dengan sikap duduk yang salah dan penempatan ruang kerja yang membuat orang tidak nyaman. Keadaan itu membuat sakit pada otot-otot tendon, saraf-saraf di sekitar tangan, pergelangan, jari, bahkan pundak dan leher sebagai akumulasi dari pekerjaan dalam kurun waktu yang lama.
Kurang istirahat menggunakan komputer dapat menyebabkan otot tangan terasa kaku dan kesulitan dalam melakukan sesuatu. Kesulitan tersebut bisa berupa kesulitan membalik halaman buku, memutar tombol atau memegang gelas.
Dianjurkan agar pada saat mengetik, pergelangan tangan hendaknya tidak ditekuk ke atas, ke bawah, atau ke samping. Begitu pun untuk ukuran huruf di monitor. Sebaiknya tidak terlalu kecil sehingga mudah dibaca dan tidak perlu membungkukkan badan ke depan monitor setiap kali membaca teks.
Cara mengatasi RSI juga bisa dengan memijat langsung otot dan serabut saraf yang mengalami ketegangan. Olahraga ringan dan berulang kali setiap 30 menit sebelum mulai bekerja juga sangat dianjurkan. Pencegahan yang cukup jitu lainnya adalah dengan memperhatikan posisi tubuh saat bekerja, seperti kaki harus didatarkan di atas lantai, lutut harus lurus terhadap kaki dan membungkuk pada sudut yang pas.
Perlu diketahui RSI tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Bahkan pada anak-anak, penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan."


9 komentar:

  1. oh gtu ya...emang sih kalau di depan kompi lama2 pegel jg..:p

    BalasHapus
  2. Waduh, ngeri juga ya? Thanks, sekarang anak2 ga boleh terlalu lama main kompi ya... Moga2 kagak sampe kejadian deh. AudzubiLlaah...

    BalasHapus
  3. trims infonya mbak almas.....

    BalasHapus
  4. Wah info menarik nih, buat suamiku.
    Thanks mbak Al.

    BalasHapus
  5. waduh serem juga nih...untung aku pake komputer paling sejam deh hehe...makasih ya infonya...

    BalasHapus
  6. whalah, jangan-jangan tengeng-ku ini gara2 RSI....

    BalasHapus