Senin, 07 Juli 2008

TROTOAR #2, TROTOAR=TEMPAT JUALAN

Kalo aku ada jadwal kontrol gigi di Semarang, biasanya aku minta bantuan sodara-sodaraku –Mbak Nada atau Cempluk- untuk nemenin atau lebih tepatnya ngenterin aku, karena aku ke Semarang nggak cuma untuk kontrol tapi juga sekalian jalan-jalan.
Tapi berhubung Mbak Nada sekarang sedang hamil muda dan Cempluk juga lagi senang-senangnya menyiapkan hari bahagianya, aku jadi nggak tega merepotkan mereka berdua. Jadilah, sabtu kemarin aku berpetualang sendiri menyusuri kota Semarang. Hayyyahhh!!!
Selesai periksa, aku langsung menuju ke toko bahan-bahan aksesoris di Jl. Pemuda untuk menceri titipan mabkyu-mbakyuku. Setelah selesai belanja titipan mbak-mbakku, aku pindah tujuan ke daerah Kranggan. Aku pikir dari Jl. Pemuda ke Kranggan jaraknya nggak begitu jauh. Jadi aku putuskan untuk jalan kaki saja. Pas udah jalan, baru nyadar kalo jaraknya ternyata jauh juga. Tapi mau naik angkot juga nanggung. Mau naik becak, saat itu nggak ada becak lewat. Ya sudahlah, ku teruskan saja jalan kakiku.
Ternyata saudara-saudara….., di Semarang sama aja dengan di Rembang! Trotoar di sepanjang Jl. Pemuda hampir semuanya dipenuhi sama pedagang kaki lima atupun warung-warung semacam Angkringan gitu. Trotoar dikuasai oleh para pedagang itu. Pfuiihhh!!!
Tak ayal –wiihhh bahasaku gaya kali ya? :p-, jalanku seperti zig-zag. Kadang-kadang di trotoar, kadang-kadang di jalan aspal.
Sebelnya, para pemakai jalan aspal (baca: yang naik motor & yang naik mobil) seperti nggak mau mengerti kondisi pejalan kaki yang ‘terusir’ dari jalannya. Aku dan beberapa pejalan kaki lainnya yang berjalan di jalan aspal berkali-kali diklakson disuruh minggir. Padahal kami jalannya udah minggir banget lho! Mau naik ke trotoar juga susah, wong warungnya menuhin lebar trotoar. Jadilah kami jalan meripit-meripit. Menyedihkan sekali….
Kapan ya pejalan kaki di negeri ini diperhatikan ‘nasibnya’. Padahal kami udah berjasa dengan nggak menyumbang asap yang menjadikan polusi udara. Bukannya dikasih tempat yang layak, malah dipaksa mengalah terus.
Nasib ya nasib… sekali lagi, Sabarrrr…. Sabarrrr….


8 komentar:

  1. kayaknya di mana2 deh Al....di Jakarta juga.....kalau di Boston, nah, baru deh surga buat pejalan kaki. Kita bisa jalan kaki di trotoar yang lebar, teduh pula..tanpa takut diserempet kendaraan....

    BalasHapus
  2. sekarang udah hamil tua say... *penting ga sih komenku ini?*

    BalasHapus
  3. oiya ding.. abis kamu kayaknya belum pantes hamil gt je! hihihi... nggak nyambung!

    BalasHapus
  4. aku pernah jalan sendiri -pas nyari apa gitu, lupa-, di sini sama aja. eh pas gak sengaja aku nyenggol dagangannya, malah disemprot "mbak, ati2 nek mlaku!!" hloh...trotoar ini buat siapa sih?

    BalasHapus
  5. yah... begitulah mbak nasib pejalan kaki di Indonesia...

    BalasHapus
  6. yang hobi jalan kaki....yuuuuk pindah ke boston.... *ngimpi*

    BalasHapus
  7. wah ak jg pernah gitu. tapi dasar ak muka badak, pede aja ak bales "eh bu, kl dagang ati" dong! trotoar kan buat pejalan kaki, bukan buat dagang! yeee.." langsung tak tinggal pergi. bhahahha xD

    BalasHapus
  8. itulah bedanya kami dengan dirimu say.. kami terlalu baik, kamu terlalu terus terang. hihihi.... piss!!!!

    BalasHapus